Sukses

Vatikan Mengakui Negara Palestina

Liputan6.com, Roma - Bertambah lagi pendukung kemerdekaan Palestina. Kali ini Vatikan yang menyatakan sepakat memberikan pengakuan kepada negara itu, melalui sebuah dokumen perjanjian.

"Vatikan secara resmi mengakui negara Palestina dalam sebuah perjanjian yang akan ditandatangani segera," kata otoritas setempat seperti dikutip dari BBC, Kamis (14/5/2015).

"Diharapkan perjanjian tersebut akan membantu mewujudkan apa yang disebut sebagai 'solusi dua negara' guna mengakhiri konflik dengan Israel," kata Wakil Menteri Luar Negeri Vatikan, Antoine Camilleri.

Respons berbeda datang dari Israel, yang mengatakan kecewa atas langkah Vatikan. Mereka menilai keputusan tersebut akan mengganggu perundingan bilateral.

Wartawan BBC di Roma, David Willey, mengatakan Paus Fransiskus berupaya memperkuat kehadiran Kristen di Timur Tengah di saat ratusan ribu pemeluk agama ini menyelamatkan diri dari tindakan agresif kelompok ISIS.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga dilaporkan bertemu Paus akhir pekan ini.

Dengan rencana pengakuan tersebut, Vatikan menambah panjang daftar negara Eropa yang mengakui Palestina.

Tahun lalu, Parlemen Eropa, Inggris, Republik Irlandia, Spanyol, dan Prancis menyetujui mosi mendukung Negara Palestina. Begitu pula dengan Swedia. Belakangan negara-negara Asia-Afrika juga menyatakan dukungannya. (Tnt/Yus)

Artikel Selanjutnya
Pertemuan Mendadak PM Israel dengan Presiden Putin, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Di Tengah Krisis Teluk, Qatar Pulihkan Hubungan dengan Iran