Sukses

Arti Mengacungkan Jari Tengah di Jepang

Apa mengacungkan jari tengah merupakan gestur yang dianggap kasar di Jepang?

Liputan6.com, Jakarta Mengacungkan jari tengah merupakan gestur umpatan kasar di negara-negara Barat, bahkan beberapa negara Timur, termasuk Indonesia.

Namun, beda cerita dengan di Jepang. Mengacungkan jari tengah merupakan gestur umum yang artinya ani atau kakak laki-laki. Orang berkebangsaan Jepang kerap memanggil kakak laki-laki mereka o ani yang pengejaan alternatifnya onii ditambah dengan honorifik. Gestur ini tidak pernah dimaksudkan sebagai umpatan di Jepang.

Anak-anak dari jepang diajari untuk menamai jari-jari mereka, seperti dilansir dari laman kotaku.com, Selasa (12/5/2015). Jari jempol adalah 'jari ayah', jari telunjuk itu 'jari ibu', jari tengah itu 'jari kakak laki-laki', jari manis adalah 'jari kakak perempuan', dan jari kelingking adalah 'jari adik'.

Walau begitu, dengan menyaksikan acara televisi, video musik, dan film dari Barat, masyarakat Jepang pun mulai mengasosiasikan jari tengah dengan umpatan. Atau mungkin juga menganggap ini fenomena yang menggelikan?

(Ikr/sts)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang