Sukses

'Lubang Misterius' Mengisap Air Danau di Oregon AS

Seperti bak air yang sumbatnya dilepas. Sebagian dasar danau pun terlihat mengering.

Liputan6.com, Oregon - Pada musim gugur dan dingin, Lost Lake di Oregon, Amerika Serikat adalah danau dangkal yang dikelilingi pohon pinus, yang berada dekat jalan raya.

Namun, di musim panas, pengemudi yang melintas tak akan menjumpai perairan tersebut. Bagian danau seluas 0,34 kilometer menghilang dan berubah menjadi padang rumput.

Sebuah video merekam momentum aneh, ketika air Lost Lake di Amerika Serikat terhisap deras habis ke dalam lubang misterius berdiameter 2 meter. Seperti bak air yang sumbatnya dilepas. Sebagian dasar danau pun terlihat mengering.

Warga lokal di Oregon mengatakan, fenomena tersebut telah terjadi sejak lama.

Para ilmuwan meyakini, penampakan spektakuler tersebut disebabkan oleh lava tube (tabung lava), terowongan di permukaan Bumi yang tercipta untuk mengeringkan lava selama peristiwa erupsi gunung berapi.

"Pada Lost Lake, lava tube kolaps dan menjadi lubang penghisap di danau tersebut," kata McHugh Williamette National Forest kepada ABC News, seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au, Kamis (7/5/2014).

Di akhir musim gugur, jumlah air di danau melebihi kemambuan lava tube tersebut untuk mengalirkan banyu. Pun saat musim dingin akibat hujan dan guyuran salju.

Kala musim hujan berakhir, danau sedalam 2,7 meter itu kehilangan sumber airnya. Dan air kemudian menghilang, masuk ke tabung lava. Lenyap. Siklus itu terjadi tiap tahun.

Warga di masa lalu telah mencoba untuk menutup lubang tersebut. Namun, niat itu surut saat diberi tahu, hal itu bisa menyebabkan pemukiman dan pusat bisnis setempat kebanjiran.

Lalu, ke mana air yang tersedot mengalir?

Diyakini, air terhisap ke Bumi, sebelum merembes kembali melalui mata air di daerah setempat. "Akhirnya air yang sama muncul dan itu ada di kopi pagi saya sekarang," kata McHugh.

Tabung Lava

Keberadaan lava tube sering ditemukan di Oregon -- yang memiliki banyak jeram, pegunungan, gunung aktif yang membentang dari selatan British Columbia ke California Utara.

Saat aliran lava mengalir turun dari gunung, bagian luarnya akan mendingin dan saat kontak dengan udara. Lava panas terus mengalir di bawah kerak yang mengeras. "Mirip terowongan bawah tanah," kata McHugh.

Setelah lava panas mengalir, yang tersisa adalah tabung hampa. Sejumlah tabung menjadi ekosistem unik bagi hewan dan menjadi atraksi wisata.

Lost Lake berada di batuan vulkanik yang terbentuk 12.000 tahun lalu. Saat batuan muda itu terbentuk, ia terisi oleh gelembung gas -- yang meninggalkan pori-pori saat gas tersebut menguap ke udara.

Namun, orang tidak selalu menghargai tabung lava. "Pada Lost Lake, beberapa orang iseng menutup lubang drainase dan juga melempar sampah ke danau selama bertahun-tahun," kata McHugh.

"Kami tidak ingin mengganggu proses alami, dan kami mencegah upaya menutup lubang," kata McHugh. "Terlebih lagi, lubang danau cenderung meluap dan membanjiri jalan raya di dekatnya," katanya. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.