Sukses

Penampakan Kota Berlin di Akhir Perang Dunia II

Sebuah rumah produksi di Hamburg menayangkan film dokumenter bersejarah tentang keadaan kota Berlin yang porak poranda.

Liputan6.com, Hamburg Sebuah rumah produksi di Hamburg menayangkan film dokumenter bersejarah tentang keadaan kota Berlin yang porak poranda setelah usai Perang Dunia II. Kronos Media yang berpusat di kota Hamburg, Jerman, melakukan format ulang video lawas tersebut, termasuk memberi warna, suara latar belakang dan meningkatkan resolusinya.

Tayangan video menunjukkan kota yang hancur lebur akibat peperangan, termasuk tembok-tembok yang dilubangi peluru. Juga terlihat Reichstag, Brandenburger Tor, Adlon, Führerbunker, Unter den Linden, dan layanan angkutan trem yang sudah kembali bekerja.

Sebetulnya video ini direkam oleh pihak Amerika Serikat melalui penugasan First Motion Picture Unit dengan proyek Special Film Project 186. Tugas dalam proyek itu mencakup peliputan dampak peperangan di kota-kota utama Eropa.

Rekaman dilakukan menggunakan film warna Kodachrome, walaupun direkam secara hitam putih dan dilakukan pada bulan Juli 1945.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini