Sukses

Cara Swedia Memantau Lalu Lintas Udara Tanpa Manusia

Pihak yang berwenang dalam urusan lalu lintas udara di Swedia memperkenalkan sistem kendali lalulintas udara yang dikendalikan dari jauh.

Liputan6.com, Örnsköldsvik Pihak yang berwenang dalam urusan lalu lintas udara di Swedia memperkenalkan sistem kendali lalu lintas udara yang dikendalikan dari tempat yang jauh. Sistem yang dinamai Remote Tower Services (RTS) ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengendalian lalu lintas udara di bandara-bandara kecil atau bandara yang tidak terlalu ramai.

Dalam tayangan video yang diunggah oleh Administrasi Penerbangan Sipil Swedia (LFV) ini ditayangkan cuplikan pendaratan pesawat di bandara Ornskoldsvik yang lalulintasnya dikendalikan dari pusat kendali LFV di Sundsvall yang berjarak 123 kilometer jauhnya.

Sistem RTS ini dikembangkan selama 10 tahun oleh LFV bersama dengan perusahaan teknologi Saab. Sistem itu telah mendapat lampu hijau dari Badan Angkutan Swedia pada Maret lalu.

Keuntungan utama RTS antara lain kemampuannya mengendalikan sejumlah bandara secara bersamaan atau menjadi pelengkap pembantu bandara besar secara luwes pada jam-jam kerja yang tidak biasa.

Selanjutnya, akan ada sejumlah bandara lain, yaitu Sundsvall-Timra dan Linkoping, yang akan dipasangi sistem ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.