Sukses

Evakuasi Buaya 4.1 Meter dari Bendungan

Juru bicara Dewan Regional Bidang Taman dan Lingkungan, Theresa Morgan membenarkan reptil itu sudah mulai menimbulkan ancaman bagi manusia.

Liputan6.com, Queensland - Seekor buaya air asin sepanjang 4,1 meter dipindahkan dari sebuah bendungan di utara Queensland, Australia.

"Buaya itu tinggal di bendungan tempat penyimpanan air daur ulang di Bakers Creek selama enam tahun terakhir. Ia harus dipindahkan setelah mulai menunjukkan perilaku yang membahayakan," ujar Dewan Regional Mackay seperti dikutip dari ABC News, Senin (27/4/2015).

Juru bicara Dewan Regional Bidang Taman dan Lingkungan, Theresa Morgan membenarkan reptil itu sudah mulai menimbulkan ancaman bagi manusia.

"Buaya ini telah berkeliaran di antara bendungan penyimpanan air daur ulang dan Bakers Creek selama bertahun-tahun tanpa adanya kekhawatiran. Namun, baru-baru ini, ia mulai mendekati petugas ketika mereka mengunjungi fasilitas penyimpanan," jelas Theresa.

Petugas satwa liar dari Perlindungan Lingkungan dan Pusaka (EHP) dipanggil untuk menangkap dan memindahkan buaya itu ke Penangkaran Buaya Koorana, di Rockhampton, Queensland.

Mereka melaporkan, sang buaya dalam "kondisi sehat dan kuat".

"Tim EHP menangkap si buaya dan menghabiskan banyak waktu untuk mengamankan hewan dengan selamat dan manusiawi," ungkap manajer layanan air dan limbah Dewan Regional Mackay, David Brooker.

"Mengingat ini adalah penangkapan buaya pertama yang mereka lakukan di Mackay, sejak buaya Gooseponds pada tahun 2008, proses ini berjalan tanpa suatu halangan," tambah Brooker. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.