Sukses

Rekor Baru Kereta Cepat Jepang

Seminggu pemecahan rekor itu, kereta super cepat tersebut sudah berhasil mencapai 590 kilometer/jam.

Liputan6.com, Tokyo - Kereta baru di Jepang memecahkan rekor yang pernah diraihnya sendiri. Seperti dilaporkan The Guardian, kereta  itu sukses mencapai kecepatan 603 kilometer/jam di suatu lintasan dekat gunung Fuji -- uji coba dari Tokyo ke Nagoya.

Rekor tersebut merupakan pemecahan rekor yang dibuatnya sendiri pada tahun 2002, ketika kereta sejenis mencapai kecepatan tertinggi 581 kilometer/jam.

Seminggu pemecahan rekor itu, kereta super cepat tersebut sudah berhasil mencapai 590 kilometer/jam.

Menurut Yasukazu Endo, kepala pusat penelitian milik Central Japan Railways menjelaskan bahwa kereta 7 gerbong itu akan dijalankan pada kecepatan 500 kilometer/jam. Sehingga waktu tempuh Tokyo-Nagoya hanya sekitar 40 menit.

Kereta berteknologi maglev, singkatan dari magnetic levitation, menggunakan medan magnet sebagai daya yang mengambangkan kereta setinggi sekitar 10 centimeter dari rel, sehingga tidak ada kontak fisik antara kereta dengan rel di bawahnya.

Rencananya, sebelum akhir tahun 2045, sudah ada layanan kereta maglev antara Tokyo dan Osaka yang berjarak 410 kilometer. Waktu tempuhnya diperkirakan sekitar 1 jam 7 menit, kurang dari setengah waktu tempuh saat ini.

Biaya sistem ini sangat mahal justru karena pembuatan infrastruktur lintasan yang harus melewati pegunungan.

Kendati demikian, Jepang menjadikan teknologi ini sebagai salah satu produk yang akan diekspor ke mancanegara.

(Tnt/Alx)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini