Sukses

Heboh Soal Matematika SMP di Singapura Bikin Pusing Warga Dunia

Soal itu merupakan soal Olimpiade Matematika tingkat Kelas 3 SMP di Singapura. Para siswa diminta untuk menebak tanggal lahir Cheryl.

Liputan6.com, Singapura - Sebuah soal Matematika di Singapura yang mempertanyakan 'tanggal lahir' tengah menjadi sorotan dunia setelah menyebar di internet baru-baru ini. Alasannya, tak lain karena tingkat kesulitan soal yang di-posting presenter program 'Hello Singapore' Kenneth Jianwena ini dianggap tinggi.

Sebab tak hanya menuntut siswa untuk mengerahkan kemampuan berhitungnya, tapi butuh logika atau nalar. Siswa harus putar otak untuk menjawabnya.

Soal itu merupakan soal Olimpiade Matematika tingkat Kelas 3 SMP di Singapura.

Soalnya, seperti ini:

Albert dan Bernard baru saja berkenalan dengan Cheryl. Keduanya ingin mengetahui tanggal lahir teman barunya. Cheryl memberikan 10 opsi tanggal lahir untuk ditebak Albert dan Bernard.

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, 17 Agustus.

Cheryl kemudian memberitahukan Albert bulan lahirnya saja dan mengungkapkan tanggalnya saja ke Bernard.

Dan petunjuknya seperti ini:

Albert: Saya tidak mengetahui kapan tanggal lahir Cheryl, dan saya juga tahu bahwa Bernard juga tidak mengetahuinya.

Bernard: Awalnya saya tidak tahu kapan tanggal lahir Cheryl, tapi saya sekarang mengetahuinya.

Albert: Kini saya juga tahu tanggal lahir Cheryl.

Pertanyaannya, jadi kapan tanggal lahir Cheryl?

Begini jawabnya:

Seperti dibeberkan dalam situs berita terkemuka Singapura Straits Times dan News.com.au, Selasa (14/4/2015), ada 10 pilihan jawaban yang dijawab Cheryl, yakni:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, 17 Agustus.

Dari 10 pilihan tanggal itu, hanya tanggal 18 dan 19 yang muncul satu kali. Tanggal lainnya muncul dua kali. Untuk itu, jika Cheryl memberitahu salah satu tanggal dari 18 atau 19, otomatis Bernard langsung mengetahui tanggal yang dimaksud: 18 Juni atau 19 Mei.

Tapi faktanya, Benard mengatakan, "Awalnya saya tidak tahu kapan tanggal lahir Cheryl." Untuk itu, pilihan 18 Juni dan 19 Mei bukan merupakan tanggal lahir Cheryl. Jadi, tinggal delapan opsi yang tersedia.

15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Selanjutnya, perhatikan kata-kata Albert: "Saya tahu bahwa Bernard tidak tahu." Hal ini memperkuat fakta bahwa Bernard awalnya tidak tahu tanggalnya, tapi kemudian mengetahuinya. Untuk itu bulan dari pilihan tanggal 18 dan 19, yakni Juni dan Mei bisa dikesampingkan.

Sisa tanggal yang tersedia tinggal 5, yakni 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, 17 Agustus.

Oke, mari kita lanjut. Ingat kembali petunjuk bahwa Albert hanya diberitahu bulan kelahiran oleh Cheryl dan Bernard hanya tahu tanggalnya. Apabila Bernard diberitahu tanggal 14, dia akan bingung yang mana jawabnya karena ada dua pilihan: 14 Juli dan 14 Agustus.

Tapi faktanya Bernard mengetahuinya jawabnya sebagaimana kata-kata "Saya sekarang mengetahuinya." Maka 14 Juli dan 14 Agustus harus dihilangkan dari pilihan.

Kini sisa 3 pilihan, yakni 16 Juli, 15 Agustus, 17 Agustus.

Terakhir, ingat lagi pernyataan Albert "Saya sekarang mengetahuinya." Jika jawabnya adalah Agustus, maka Albert tak akan langsung mengetahuinya, karena ada 2 opsi di bulan tersebut, yakni 15 Agustus dan 17 Agustus.

Akhirnya, pilihan yang tersisa hanya satu, yakni 16 Juli. Inilah jawabannya.

Pro dan kontra tentang soal unik ini pun mengemuka. Seperti diungkapkan Michael Tan (46), seorang petugas gereja yang memiliki 1 anak di kelas V SD, lewat laman The Straits Times Singapore.

"Boleh-boleh saja menggunakan soal ini untuk memberikan tantangan kepada para siswa. Tapi pertanyaan-pertanyaan semacam ini seharusnya tak dijadikan bahan ujian."

Namun sebagian orang lainnya menilai, soal-soal semacam ini dapat mengasah kemampuan berpikir kritis anak-anak. Bagaimana menurut Anda? (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini