Sukses

Cara Berhitung Cepat dengan Abacus

Video berikut ini menunjukkan kecepatan berhitung para pelajar di sekolah India.

Liputan6.com, New Delhi - Berhitung secara cepat kerap dilakukan para pelajar di sebuah sekolah di India. Dalam video yang diunggah oleh akun Sanjay Shedge ke YouTube, disebutkan bahwa murid di sana terlatih menggunakan papan hitung abacus.

Dengan latihan yang cukup, seorang siswa mendapatkan jawaban atas perkalian, penjumlahan, pembagian, maupun pengurangan angka-angka dalam sekali pertanyaan.

Lihat saja aksi memukau mereka menjawab pertanyaan berhitung dalam waktu singkat dalam video tersebut.

Abacus sendiri merupakan kata dalam bahasa Latin yang bermula dari bahasa Yunani, abax atau abakon, yang artinya 'tabel'.

Di Tiongkok, Abacus lazim dipakai pada mesin hitung sebelum munculnya komputer era modern. Di sana, abacus muncul sejak sekitar tahun 1200 Masehi.

Walaupun jamak dalam dipakai bisnis hingga ribuan tahun lamanya, alat ini akhirnya kalah terhadap komputer sebagai alat hitung praktis.

Ada beberapa jenis abacus, namun memiliki kesamaan dasar pemakaian. Keberadaan abacus menjawab kebutuhan melakukan perhitungan di masa lalu, ketika belum ditemukannya angka-angka dan jumlah jari-jari manusia tidak mencukupi untuk menghitung angka-angka yang besar. (Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini