Sukses

Inilah Penampakan Bumi Kalau Semua Es Kutub Mencair

Suatu tayangan video oleh Business Insider menyodorkan dugaan kejadian yang tidak terlalu menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Suatu tayangan video oleh Business Insider menyodorkan dugaan kejadian yang tidak terlalu menyenangkan.

Dalam tayangan itu, terlihat simulasi keadaan cairnya seluruh es di kutub-kutub bumi. Dengan cairnya kutub-kutub bumi, permukaan air laut di seluruh dunia akan naik dalam jumlah yang cukup untuk menenggelamkan banyak kota pantai di seluruh dunia.

Menurut Business Insider, tahun lalu sudah ada pemahaman bahwa dampak-dampak perubahan iklim tidak dapat dibalikkan.

Tinggi permukaan air laut semakin cepat dari tahun ke tahun. Menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (Intergovernmental Panel on Climate Change, disingkat dengan IPCC), diperkirakan bahwa permukaan air laut akan meningkat 1 meter atau lebih sebelum akhir abad ini.

Business Insider mengutip National Geographic pada 2013 yang menyebutkan bahwa permukaan air laut bisa naik lebih dari 65 meter jika seluruh es di dua kutub bumi meleleh. Tentunya dengan akibat tenggelamnya banyak kota dan benua di seluruh dunia. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini