Sukses

Potret Dunia yang Kelebihan Populasi dan Kelebihan Konsumsi

foto: theguardian.com

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sadar dunia ini sudah kelebihan penduduk? Bagaimana jika Anda pikirkan para penduduk itu merupakan mereka yang menjadi konsumtif berkat kapitalisme?

Global Population Speak Out merilis buku yang berisi foto-foto minim kalimat dan foto-foto dari seluruh dunia yang mungkin Anda belum melihatnya dari angle ini.

Dilansir dari laman theguardian.com, Minggu (5/4/2015), berikut adalah beberapa contoh foto-foto yang diambil dari laman buku. Sekiranya, akan memberi gambaran untuk Anda tentang kondisi dunia saat ini. (Ikr/Liz)

Ombak manusia

Foto ini merupakan gambar lanskap Mexico City yang diambil dari atas, memperlihatkan perumahan padat dimana habitat alami tidak terlihat.

Kebakaran akibat tumpahan minyak

Foto ini diambil pada tahun 2010, mengikuti bencana tumpahan minyak Deepwater Horizon di teluk Meksiko.

Lahan peternakan

Diambil di industri peternakan di Brazil. Permintaan daging yang meningkat membuat ribuan petani menyatukan lahan-lahan perternakan mereka.

South City Mall di Kolkata, India

Negara berkembang merupakan bahan bakar bagi industri-industri negara maju.

Rumah kaca yang menumbuhkan rumah kaca

Diambil dari Almeria, Spanyol. Coba perhatikan batas dimana rumah kaca tidak lagi terlihat. Semoga Anda beruntung.

Potongan rapi ala British Columbia

Kanada yang digambarkan media sebagai negara manut ini sesungguhnya brutal dalam hal logging.

Ombak sampah

Diambil di negara kita tercinta Indonesia. Peselancar Dede Surinaya berselancar di pantai pulau Jawa yang merupakan pulau paling padat populasi di dunia.

Lahan persegi

Diambil di China, keseluruhan lanskap ini didedikasikan untuk produksi tanaman, dimana tidak ada tempat untuk alam. Ironi datang dalam kenyataan bahwa agrikultur kini merupakan sistem industri.

Sapi dan asap

Sapi-sapi liar di hutan Amazon Brazil ini merumput di tengah-tengah hutan yang terbakar.

Sumur minyak

Femonema pengurasan minyak bisa dilihat di Kern River Oil Field di California.

Almarhum Albatross

di Midway Atoll, ditemukan bangkai Albatross. Di perutnya ditemukan banyak sampah platik. Ditambah lagi, sedungguhnya in pemadangan yang cukup umum di pulau ini.

Perumahan kumuh di perbukitan

Sebagai bagian dari negara termiskin di belahan bumi Barat, beginilah kondisi kehidupan penduduk Port-au-Prince di Haiti.

Pukul rata

Suasana industri kehutanan, Willamette National Forest di Oregon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.