Sukses

54 Awak Kapal Pukat Rusia Tewas Tenggelam dalam 15 Menit

Lebih dari 20 kapal terlibat dalam pencarian 15 korban lain dalam insiden yang terjadi di perairan beku bersuhu sekitar nol derajat Celcius.

Liputan6.com, Moskow - Sebuah kapal penjaring ikan atau pukat milik Rusia tenggelam di lepas Semenanjung Kamchatka, Rusia. Puluhan orang yang ada di dalamnya pun dilaporkan terjebak, saat kapal terisi air.

"54 Pelaut dikonfirmasi tewas," demikian diungkap Pusat Penyelamatan Maritim di timur Rusia seperti dikutip dari BBC, Kamis (2/4/2015).

Kapal Dalniy Vostok tenggelam di Laut Okhotsk, 330 km barat dari pemukiman Krutogorovsky. Armada tersebut dengan cepat terisi air, lalu tenggelam dalam waktu singkat. Akibatnya, awak kapal yang terjebak di dalamnya tak sempat menyelamatkan diri.

"Air membanjiri kompartemen mesin, lalu kapal tenggelam dalam waktu 15 menit," jelas Kementerian Darurat Rusia.

Saat tenggelam, terdapat 132 awak di dalam kapal pukat ikan yang berpendingin itu. Namun 63 orang berhasil diselamatkan. Sebagian besar dari mereka menderita hipotermia.

Tercatat, 78 orang ABK berasal dari Rusia dan sisanya berasal dari negara lain seperti Latvia, Ukraina, Myanmar, dan Vanuatu.

Kini, lebih dari 20 kapal terlibat dalam pencarian 15 korban lain dalam insiden yang terjadi di perairan beku bersuhu sekitar nol derajat Celcius itu. (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini