Sukses

Lucunya Bayi Gajah Menyeberang Jalan

Seekor bayi gajah tergesa-gesa menyeberang jalan untuk mengejar kerumunannya.

Liputan6.com, Jakarta Seekor bayi gajah tergesa-gesa menyeberang jalan untuk mengejar kerumunannya. Dalam suatu klip video yang diunggah oleh pengguna YouTube dengan akun vernontripple ditayangkan rekaman peristiwa di Taman Nasional Tarangire di Tanzania.

Para pelancong bertemu dengan kerumunan gajah yang sedang menyeberang jalan beramai-ramai. Sejumlah gajah dewasa terlihat menyeberang dengan percaya diri, namun yang membuat para pelancong tertegun dan tertawa adalah ketika seekor bayi gajah tergopoh-gopoh menyeberang jalan karena tidak ingin ketinggalan rombongan.

Dari National Elephant Center, didapatkan keterangan bahwa gajah merupakan binatang darat yang berukuran paling besar. Gajah Afrika bisa mencapai tinggi hampir 4 meter dengan berat lebih dari 10 ton. Sedangkan gajah Asia yang lebih kecil dapat mencapai tinggi sekitar 3,6 meter dan berat lebih dari 7 ton.

Di antara seluruh binatang darat, gajah memiliki ukuran otak terbesar dan masa persalinan yang terpanjang, yaitu sekitar 21,5 bulan. Bukan hanya itu, gajah termasuk hewan yang berumur panjang.

Gajah Afrika betina bisa mencapai 41 tahun, sedangkan gajah jantan dapat mencapai 24 tahun. Usia terpanjang bagi gajah betina lebih dari 65 tahun dan usia terpanjang gajah jantan bisa hampir 60 tahun.

Karena ukuran tubuhnya, gajah meluangkan waktu 12 hingga 18 jam dalam sehari hanya untuk makan, dengan berat makanan berkisar antara 90 kilogram hingga 270 kilogram setiap hari. Secara rata-rata, gajah minum 189 liter air setiap hari.

Dalam urusan minum, gajah menjadi panutan bagi hewan-hewan lain karena kemampuannya untuk menemukan air bawah tanah dan menggali sumber air tersebut sehingga menolong hewan-hewan lain di masa kekeringan. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini