Sukses

Waspada! Buaya Kegerahan Bikin Macet Jalanan di Australia

Kepolisian di Kota Kununurra, Kimberley baru-baru ini merilis foto seekor buaya air asin yang kedapatan tengah berkeliaran di jalanan.

Liputan6.com, Queensland - Jika biasanya kemacetan di kota disebabkan karena arus lalu lintas yang padat, tapi tak demikian dengan di kawasan Utara Australia Barat. Pada musim udara panas seperti sekarang ini, kemacetan di jalan bisa jadi dipicu oleh aksi buaya kegerahan. Waspada!

Reptil itu keluar dari habitatnya untuk mendinginkan diri karena tempat tinggalnya itu begitu panas.

Kepolisian di Kota Kununurra, Kimberley baru-baru ini merilis foto seekor buaya air asin yang kedapatan tengah mendinginkan diri di tengah jalan raya utama menuju kota tersebut. Binatang dua alam yang tidak terlalu membahayakan ini umum dijumpai warga di perairan yang terdapat di sekitar Kota Kununurra.
 
Petugas dari Departemen Taman dan Margasatwa setempat, Matt Byers mengatakan buaya-buaya air asin ini memang kerap keluar dari perairan pada malam hari di sepanjang musim hujan yang bersuhu panas seperti sekarang ini.
 
"Tahun ini tercatat sebagai tahun dengan udara terpanas pada malam hari. Jadi sebenarnya hewan-hewan ini tidak biasa keluar dari air pada malam hari seperti ini," jelas Byers seperti dikutip dari ABC News, Rabu (1/4/2015).
 
"Buaya-buaya ini keluar dari air karena kegerahan dan oleh sebab itu mereka berusaha untuk mendinginkan diri, itu saja alasannya. Jadi karena itu mereka akan keluar dari air, dan seperti kadal pada umumnya mereka akan berkeliaran di jalan-jalan," jelas Byers.
 
Dan karena tidak tersedia jalur pedestrian khusus untuk buaya, para pengendara diminta untuk mengendarai mobilnya dengan kecepatan rendah dan berhati-hati jika bertemu reptil itu di jalanan.
 
Sering kali buaya itu justru menghalangi jalan. Jika insiden seperti ini terjadi, maka warga perlu memanggil pakar buaya.
 
"Hal ini kemudian menjadi masalah, kita bisa membantu merelokasi buaya air asin itu dan mengeluarkannya dari jalanan," kata Byers.
 
"Dan untungnya kebanyakan dari buaya-buaya air tawar itu ukurannya lebih kecil, sehingga bisa dengan mudah kita singkirkan jika kita tahu caranya. Mereka sudah pasti berpotensi menggigit manusia, tapi ada cara untuk menyingkirkan mereka dengan mudah," jelas Byers.
 
"Cara terbaiknya adalah dengan menutup seluruh tubuh hewan itu, sehingga kita akan terhindar dari serangan buaya. Dan memegang mereka itu sangat berbahaya, kecuali Anda memiliki lisensi dan kita tentu saja tidak merekomendasikan orang bukan ahli untuk melakukannya," papar Byers. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.