Sukses

Mengenal Superhero Musuh Penyakit Seksual

Tokoh Condoman ini terinspirasi dari superhero buatan Amerika Serikat, The Phantom.

Liputan6.com, Canberra - Di Australia, ternyata ada superhero alias pahlawan unik yang musuhnya penyakit seksual. Ia adalah Condoman. Sejumlah poster tokoh tersebut dipamerkan di Canberra, untuk digunakan untuk keperluan kampanye kesehatan seksual di kalangan masyarakat Aborigin dan Torres Strait Islander.

Institut Studi Aborigin Australia dan Torres Strait Islander Studies (AIATSIS) yang mengumpulkan poster-poster dan sejumlah majalah yang memuat Condoman, termasuk desain awal tokoh ituuntuk dipamerkan.

Condoman, layaknya seorang superhero, adalah karakter yang disebut-sebut sebagai pelindung kesehatan seksual.

Kampanye menggunakan tokoh itu dibuat pada tahun 1980, diluncurkan setelah kampanye AIDS di televisi yang menggunakan sosok menakutkan 'Grim Reaper' dianggap tidak cocok bagi kalangan Aborigin di Australia.

Seniman asal Canberra, Alison Alder, adalah salah satu yang terlibat dalam pembuatan tokoh Condoman di tahun 1980-an. Ia menjelaskan, bahwa sosok itu bertugas untuk menasihati orang agar menggunakan kondom.

"Ide ini ada ketika warga mulai khawatir tentang epidemi AIDS dan dampaknya yang dirasakan oleh masyarakat Aborigin," kata Alder seperti dikutip dari ABC News, Senin (30/3/2015).

"Ide Condoman dikembangkan oleh para pekerja kesehatan yang bertugas di komunitas Aborigin di Queensland utara."

Tokoh Condoman terinspirasi dari superhero buatan Amerika Serikat, The Phantom.

"Awalnya poster yang dicetak tidak terlalu besar, dan hanya menargetkan komunitas Aborigin di Queensland utara. Tapi kemudian seluruh negeri meminta Condoman, karenanya ia kemudian muncul di seantero Australia," tambah Alder.

Di tahun 2009, tokoh Condoman kembali diluncurkan ulang, dengan ditemani sosok wanita yang diberi nama 'Lubelicious'. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini