Sukses

Remaja 13 Tahun Ini Ungkapkan Rahasia Pola Daun Pohon

Seorang remaja yang berasal dari negara bagian New York secara sederhana menemukan pola matematika pada daun-daun pohon.

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja yang berasal dari negara bagian New York secara sederhana menemukan pola matematika pada daun-daun pohon yang bertugas menyerap energi matahari untuk keperluan fotosintesis pohon.

Ia menduga adanya pola matematika yang berulang mengenai tempat-tempat kedudukan setiap kelompok daun pada pohon, yang teratur menurut sudut tertentu terhadap matahari.

Menurut remaja itu, Albert Maysles, pohon memerlukan energi matahari di sepanjang siang, sehingga daun-daun mengatur diri menurut kelompok yang bersudut sama menghadap matahari agar pohon tersebut terus mendapat pasokan sinar matahari yang cukup.

Berbekal gagasan itu, it mengajukan cara baru merancang penempatan panel-panel surya untuk pengumpulan energi matahari secara berdaya guna.

Gagasan cerdas tersebut bahkan menghantarkannya ke Pameran Ilmiah Gedung Putih beberapa tahun yang lalu. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini