Sukses

Begini Caranya Mengunci dan Membuka Pintu Kokpit Pesawat Airbus

Suatu klip video ditayangkan oleh kelompok perusahaan Airbus sehubungan dengan pintu kokpit pesawat terbang mereka.

Liputan6.com, Jakarta Suatu klip video ditayangkan oleh kelompok perusahaan Airbus sehubungan dengan pintu kokpit pesawat terbang mereka.

Dalam video itu disebutkan bahwa pintu kokpit pesawat Airbus merupakan pintu yang diperkuat generasi kedua yang lebih canggih. Bukan hanya bahan daun pintu yang diperkuat. Prosedur dan logika penguncian dan pembukaan pintu juga diperbaiki.

Dalam sistem itu, ada papan kunci yang menggunakan sandi yang dirahasiakan. Penekanan tombol-tombol angka pada papan kunci akan memberitahukan para pilot bahwa ada yang meminta masuk. Kode juga dipakai untuk membuka pintu jika para pilot kehilangan kesadaran.

Di dalam kokpit ada pembunyi yang memberi tanda kepada para pilot mengenai keadaan pintu. Di dekat kaki pilot terdapat saklar 3 posisi untuk menentukan status kunci pintu. Suatu sistem CDLS (cockpit door lock system) mengatur sistem kunci dan menjadi indra perasa perubahan tekanan dalam kokpit.

Jika ada keperluan darurat untuk melarikan diri dari dalam kokpit, ada pintu darurat kecil yang hanya bisa dibuka dari arah dalam kokpit. Pintu kokpit memiliki 3 engsel listrik dan satu lubang intip.

Dalam keadaan normal, seseorang yang akan masuk ke dalam kokpit harus menekan kode untuk memberitahu kepada para pilot. Lalu pilot dapat membuka pintu kokpit dengan cara menggeser saklar ke posisi bukaan kunci.

Jika ada seseorang yang meminta masuk namun tidak memencet kode permohonan, pilot akan menggeser saklar ke posisi mengunci pintu. Jika diperlukan, pemohon dapat menggunakan interfon untuk meminta pilot menggeser saklar ke posisi pelepasan kunci pintu.

Berikutnya, diterangkan langkah-langkah pembukaan pintu dalam keadaan darurat, misalnya jika para pilot kehilangan kesadaran.

Awak kabin yang ditunjuk harus memencet kode rahasia untuk darurat dan tanda kedatangan seseorang menyala selama 30 detik.

Jika para pilot tidak bereaksi selama 30 detik tersebut, kunci pintu akan terbuka selama 5 detik. Jangka waktu 5 detik itu menjadi kesempatan bagi awak utama kabin untuk masuk ke dalam kokpit dalam keadaan darurat. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini