Sukses

Penampakan Kuburan Lemur Raksasa di Bawah Laut

Suatu video berisi tayangan menakjubkan tentang kuburan aneka ragam hewan di bawah laut.

Liputan6.com, Jakarta Suatu video berisi tayangan menakjubkan tentang kuburan aneka ragam hewan di bawah laut. Dalam tayangan National Geographic tersebut ditayangkan kumpulan tulang-belulang hewan lemur yang sekarang sudah punah di suatu kuburan bawah laut di perairan Madagascar.

Hewan lemur masa kini berukuran kecil, namun tulang-belulang lemur purba itu berukuran hingga sebesar gorilla masa kini. Bukan hanya itu, ditemukan juga jenis burung raksasa yang ukuran telurnya 180 kali lebih besar daripada telur ayam biasa di masa kini.

Merujuk kepada CNN, disebutkan bahwa gua-gua kuburan bawah air itu, Malaza Manga, Aven, dan Mitoho , semuanya terendam di bawah Taman Nasional Tsimanampetsotsa di Madagascar.

Pada awalnya, tempat paleontologi ini ditemukan oleh penyelam Australia, Ryan Dart. Ia kemudian menghubungi temannya, Phillip Lehman, yang adalah seorang penyelam pada Speleological Society di Republik Dominika.

Dengan bantuan pendanaan dan logistik dari National Geographic Society, National Science Foundation dan Taman Nasional Madagascar National Parks, kelompok bentukan Phllip Lehman mengadakan penjelajahan awal di gua-gua itu dan mendapati temuan-temuan yang sangat berharga.

Menurut para ahli, dalam hitungan waktu paleontologi, punahnya hewan-hewan raksasa itu berdekatan dengan kedatangan manusia di pulau tersebut sehingga menimbulkan dugaan awal bahwa manusia memberi dampak kepunahan di sana. Walaupun begitu, dugaan itu masih harus dibuktikan. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini