Sukses

WOW: Memanjat Tembok Dengan Pompa Sedot

Suatu peralatan memanjat diciptakan oleh Utah State Universty.

Liputan6.com, Jakarta Suatu peralatan memanjat diciptakan oleh Utah State Universty. Alat yang dinamai Ascending Aggies itu menggunakan teknologi sedot hampa (vacuum) untuk membantu seseorang menaiki tembok tegak lurus.

Peralatan dengan nama akademis Personal Vacuum Assisted Climber (PVAC) sesungguhnya adalah motor penyedot hampa (vacuum) yang terhubung dengan tapak-tapak hisap sehingga seorang pengguna dapat memanjat dengan cara seekor gurita menempelkan tangan-tangannya pada suatu benda keras.

Keterangan videonya menyebutkan bahwa alat itu sanggup membantu pemanjat dengan beban keseluruhan mencapai 226 kilogram hingga 317 kilogram.

Salah satu penerapan yang mungkin adalah untuk keperluan militer, namun sayangnya pompa hampanya sangat berisik. Pengembangan selanjutnya berupaya mengurangi kebisingan alat ini. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini