Sukses

Drone AS Tewaskan Pemimpin Al-Shabab di Somalia

Garar disebutkan sebagai tersangka penyerangan Westgate Mall di Nairobi pada 2013, yang menewaskan 67 orang.

Liputan6.com, Mogadishu - Drone milik Amerika Serikat (AS) dilaporkan menewaskan pemimpin milisi Al Shabab, Adan Garar. Hal itu telah dipastikan oleh Departemen Pertahanan negeri yang kini dipimpin Barack Obama itu.

"Militan itu tewas akibat terkena hantaman rudal yang diluncurkan dari pesawat tanpa awak atau drone di bagian selatan Somalia pada Jumat 13 Maret lalu," demikian diungkapkan pihak Pentagon seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/3/2015).

Garar disebutkan sebagai tersangka penyerangan Westgate Mall di Nairobi Kenya pada 2013, yang menewaskan 67 orang. AS yakin Garar merancang operasi yang menyasar warga AS dan kepentingan barat lainnya.

Menurut keterangan dari Markas Militers AS, Pentagon, dia merupakan seorang anggota sayap intelijen dan keamanan, serta memiliki peranan dan tanggung jawab penting dalam operasi eksternal al-Shabab.

Operasi itu dilancarkan di bagian barat Mogadishu dekat dengan Kota Dinsoor.

Washington membantu pasukan Uni Eropa, yang menyingkirkan kelompok fundamentalis dari wilayah kekuasaan para militan di Somalia sejak 2011 lalu.

"Kematian Garar merupakan pukulan bagi organisasi teroris al-Shabab di Somalia," demikian disampaikan Departemen Pertahanan AS.

Beberapa jam sebelum Petagon memastikan kematian Garar, kelompok miltan Al-Shabab melancarkan serangan yang menewaskan empat orang di Kenya.

Kelompok militan ini bersumpah untuk 'menghukum' Kenya karena mendukung Angkatan Udara AS. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.