Sukses

Penampakan Patung Mahatma Gandhi di Lapangan Parlemen Inggris

Patung Mahatma Gandhi diresmikan di Lapangan Parlemen London, untuk memperingati 100 tahun kembalinya Gandhi ke India dari Afrika Selatan.

Liputan6.com, London - Patung Mahatma Gandhi diresmikan di Lapangan Parlemen London, untuk memperingati 100 tahun kembalinya Gandhi ke India dari Afrika Selatan. Di mana ketika itu ia memulai perjuangan kemerdekaannya.

Peresmian patung perunggu setinggi 2,7 meter ini dibiayai dari dana sumbangan masyarakat yang dikumpulkan oleh Gandhi Statue Memorial Trust. Yayasan itu berhasil mengumpulkan hingga 1 juta poundsterling (Rp 20 miliar) untuk karya seni yang disebut sebagai 'persembahan yang luar biasa."

"Patung itu dibuka selubungnya oleh Menteri Keuangan India, Shri Arun Jaitley, dalam upacara yang melibatkan cucu Gandhi Gopalkrishna Gandhi," demikian seperti diberitakan BBC yang dikutip Selasa (17/3/2015).

Pematung Inggris, Philip Jackson, ditugaskan untuk membuat patung tersebut. Sebelumnya ia dikenal sebagai pembuat patung Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Bomber Command.

Jackson mengatakan ilhamnya datang dari foto Gandhi di luar gedung kantor perdana menteri 10 Downing Street, ketika berkunjung ke Inggris pada 1931.

"Patung ini adalah persembahan yang luar biasa untuk mengenang tokoh penting dalam sejarah politik dunia. Dan dengan meletakkan Mahatma Gandhi di lapangan terkenal ini, kita memberikannya rumah abadi di negara kita," ucap Perdana Menteri David Cameron.

Gandhi dikenal dengan protesnya yang tidak menggunakan kekerasan dan melakukan aksi mogok makan, untuk memprotes tekanan terhadap kelas masyarakat miskin di India. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini