Sukses

Top 3: Keunikan Uang Rupiah di Mata Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia baru saja meluncurkan seri baru mata uang rupiah untuk Tahun Emisi (TE) 2016 dan memiliki fitur keamanan tambahan. Namun demikian, ada 2 hal unik yang khas uang rupiah Indonesia di mata dunia. Sorotan dunia itu menjadi fokus utama para pembaca Liputan6.com pada Selasa (20/12/2016) pagi.

Dalam kurun sejarah yang relatif aman, ternyata masih ada letupan-letupan kecil konflik di seluruh dunia dan juga gesekan-gesekan dalam pergaulan internasional. Para pembaca menyimak 10 hubungan antar bangsa yang terbilang getir seperti musuh bebuyutan.

Penembakan Duta Besar Rusia untuk Turki menghentak rasa ingin tahu pembaca. Siapa sangka, Mevlut Mert Altintas yang diduga menjadi pembunuh ternyata berpakaian sangat rapih dalam suatu acara resmi.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. 2 Keunikan Uang Rupiah Indonesia yang Jadi Sorotan Dunia

Uang rupiah di Indonesia. (Latitude Media)

Bank Indonesia baru saja mengeluarkan uang kertas terbaru. Kehadirannya pun mencuri perhatian rakyat Indonesia yang ingin tahu, siapa gerangan pahlawan dan keunikan budaya atau alam yang termuat di dalamnya.

Namun, tahukah Anda, ternyata uang kertas kita sudah lama jadi sorotan dunia. Dianggap menarik bahkan 'aneh'.

Dilansir dari laman latitudes.nu, Senin 19 Desember 2016, uang Indonesia menjadi sorotan karena memiliki banyak desain dan karakter.

Sementara itu, denominasi yang juga tak sedikit, membuat rakyat di Tanah Air bisa dengan mudah menjadi 'jutawan'. Maksudnya?

Selanjutnya...


2. 10 Pasang Negara 'Musuh Bebuyutan' yang Bikin Ketar-ketir Dunia

Meski berada di perbatasan Korea Selatan-Korea Utara atau DMZ, tak ada ketegangan terlihat. (Liputan6.com/Rinaldo)

Sekarang ini ada lebih dari 190 negara di dunia dengan berbagai jenis tingkat hubungan, baik hubungan yang hangat maupun bermusuhan.

Memang betul, hidup bersama menjadi pilihan terbaik. Namun, selalu ada saja negara yang bermusuhan dengan negara lain, misalnya karena isu politis atau perbedaan ideologi.

Dengan keberadaan badan dunia PBB, dunia sebenarnya relatif hidup dalam damai. Namun, ada saja sejumlah negara yang terus menjadi musuh bebuyutan.

Dikutip dari listsurge.com pada Senin 19 Desember 2016, berikut ini adalah 10 permusuhan antar negara yang paling getir.

Selanjutnya...


3. Terkuak, Identitas Pelaku Penembakan yang Tewaskan Dubes Rusia

Pelaku penembakan Dubes Rusia untuk Turki (AP/Burhan Ozbilici)

Pria berpakaian jas rapi itu berdiri di belakang Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov yang sedang menyampaikan sambutan pembukaan pameran di sebuah galeri di Ankara, Senin 19 Desember 2016.

Tiba-tiba, pria itu mengeluarkan pistol dan menembakkan sekitar delapan peluru ke arah Sang Dubes.

Pelaku sempat meneriakkan, "Rusia akan menghadapi aksi balas dendam untuk Suriah," demikian dikutip dari Tass, Selasa 20 Desember 2016.

Seperti dikutip dari media Rusia tersebut, pelaku dilaporkan teridentifikasi sebagai Mevlut Mert Altintas.

Selanjutnya...