Sukses

Top 3: Gempa Ancam Kota-kota Besar Dunia, Termasuk Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kota besar dunia berada pada lokasi geografis yang memang rentan mengalami gempa, misalnya yang berada di jalur Cincin Api maupun patahan atau sesar lempeng bumi. Pada Selasa (27/12/2016) pagi, pembaca Liputan6.com kanal Global paling penasaran membaca tentang kemungkinan kota-kota itu, termasuk Jakarta yang berisiko menghadapi gempa besar. 

Selain soal gempa, ulah Melania Trump ketika beribadah di gereja juga paling menarik perhatian pembaca. Di saat yang seharusnya khusyuk itu, ia mengenakan rok sangat pendek sehingga justru menarik perhatian banyak orang.

Kembali ke masalah gempa, ternyata ada negara yang menyadari keberadaannya di kawasan rawan gempa dan melakukan tindakan antisipasi. Chile, misalnya, menerapkan sejumlah kebijakan dan tindakan mitigasi gempa demi mencegah dampak yang parah.

Berikut ini adalah Top3 Global selengkapnya: 

 

1. 5 Kota Besar Dunia Paling Terancam Bahaya Gempa, Jakarta?

Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

Indonesia tahun 2004 (220 ribu korban jiwa), Haiti 2010 (230 ribu), Jepang 2011 (20 ribu), Nepal 2015 (8.800) -- sejumlah gempa besar terjadi pada Abad ke-21 dan merenggut banyak korban jiwa.

Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) memprediksi jutaan kali gempa terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Namun, dampak dan bahayanya tak terdistribusi secara merata.

Sebaliknya, kemampuan negara untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana juga tak sama.

Diperkirakan, total ada 283 juta orang terpapar risiko gempa besar di lokasi di mana lempeng-lempeng bumi bertemu, di sekitar patahan -- yang tak hanya berpotensi merusak tapi juga merenggut korban jiwa.

Selanjutnya...


2. Pakai Rok Kelewat Pendek di Gereja, Melania Trump Jadi Sorotan

Presiden terpilih Donald Trump didampingi istrinya, Melania Trump, (kanan tengah) usai setelah menghadiri Malam Natal di Gereja Bethesda di West Palm Beach, Florida., Sabtu, Desember (24/12).(AP Photo/Andrew Harnik)

Melania Trump mendampingi sang suami, Donald Trump dalam ibadah malam Natal yang digelar di Gereja Episkopal di Palm Beach, Florida pada Sabtu 24 Desember 2016.

Kala itu, calon ibu negara Amerika Serikat tersebut mengenakan rok super-pendek.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin 25 Desember 2016, keduanya tertangkap kamera tiba di Church of Bethesda-by-the-Sea sekitar pukul 22.30 malam waktu setempat.

Selanjutnya...


3. Kenapa 'Kemampuan Membunuh' Gempa Dahsyat Tak Mempan di Chile?

Gempa bumi Chile mengakibatkan jalanan terbelah. (Reuters)

Chile kembali diguncang gempa berkekuatan besar, 7,6 skala Richter (SR). Lindu di bagian selatan negara tersebut. Memicu ribuan orang di daerah pesisir yang terkenal jadi lokasi wisata dan budidaya salmon terpaksa mengungsi.

Gempa Chile tersebut menelan 4 korban jiwa, memutus aliran listrik di 5 provinsi, dan membelah jalan raya. Meski demikian, tak dilaporkan adanya kerusakan bangunan masif.

"Ada banyak guncangan terjadi namun tak ada rumah dan bangunan yang roboh. Apapun, itu kejadian yang menakutkan, lindu menjatuhkan apapun yang ada di sekitarku," kata Alamiro Vera, pemilik Cabanas Hotel di Quellon, Chile, Senin 26 Desember 2016 dikutip dari Reuters.

Selanjutnya...

Artikel Selanjutnya
6 Kota di Amerika Serikat Ini Memiliki Nama Bernuansa Arab
Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Kota Paling Layak Huni di Dunia, Jakarta?