Sukses

Kisah Bocah Perempuan 13 Tahun Kuliah S2

Sushma menyelesaikan pendidikan jenjang SMA pada usia 7 tahun dan memperoleh gelar sarjana pada usia 13 tahun.

Liputan6.com, Uttar Pradesh - Hebat nian gadis India bernama Sushma Verma. Di usianya yang baru menginjak 13 tahun, ia telah menjadi mahasiswa S2 jurusan mikrobiologi di kampung halamannya, Uttar Pradesh.

Seperti dimuat News.com.au edisi bulan sembilan 2013, Sushma dibeberkan merupakan bocah perempuan pendobrak tradisi. Sebab di tempatnya tinggal, masih banyak anak perempuan yang masih enggan pergi ke sekolah.

Sushma dari keluarga miskin di India utara telah terdaftar sebagai salah satu calon penerima gelar master dalam mikrobiologi, setelah ayahnya menjual tanah keluarga untuk membayar sebagian biaya kuliahnya. Sang ayah berharap putrinya bisa menjadi lebih baik, dan 'terlempar' ke kelas menengah.

Sushma menyelesaikan pendidikan jenjang SMA pada usia 7 tahun dan memperoleh gelar sarjana pada usia 13 tahun. Keberhasilannya hanya bermodalkan pengorbanan dan dorongan dari orangtuanya yang tak berpendidikan dan miskin.

"Mereka memperbolehkanku melakukan apa yang ingin aku lakukan," kata Sushma dalam sebuah wawancara.

"Aku berharap orangtua lain tidak memaksakan pilihan mereka pada anak-anak mereka," sambungnya.

Sushma menjalani kehidupan yang sangat sederhana dengan 3 adik dan orangtuanya. Ia makan, tidur, dan belajar bersama di sebuah apartemen dengan 1 kamar sempit di Lucknow, ibukota negara bagian Uttar Pradesh.

Pendapatan orangtuanya hanya upah harian sang ayah sebesar 200 rupee atau sekitar Rp 35 ribu, dari bekerja di tempat konstruksi bangunan. Mereka mengaku harta yang paling berharga adalah meja belajar dan komputer bekas.

"Ini bukan suasana yang bagus untuk belajar. Ada banyak keinginan. Semuanya tidak dapat dipenuhi," ungkap Sushma.

Suhma juga mengutarakan, ia dan keluarganya tak memiliki televisi. "Tidak memiliki televisi di rumah menguntungkan. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali belajar," tuturnya.

Meski perkuliahan S2-nya di Lucknow BR Ambedkar Central University dimulai pada 23 September 2013, Sushma telah bolak-balik ke kampus tersebut. Ia diantar jemput sang ayah setiap hari dengan menumpang sepeda untuk bertemu dosen sebelum kelas dimulai. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.