Sukses

Operasi Penyelamatan Dramatis Gajah Gendut Lakshmi

Saat diselamatkan, Lakshmi dalam kondisi payah. Kesehatannya buruk, tak bisa bergerak bebas karena menderita banyak penyakit.

Liputan6.com, New Delhi - Lakshmi hanya bisa pasrah saat tubuh beratnya diangkat menggunakan crane hidrolik ke sebuah truk bak terbuka. Gajah gendut itu sedang diselamatkan dari pemiliknya yang kasar dan sewenang-wenang memperlakukannya.



Operasi penyelamatan dramatis tersebut dilakukan tim yang terdiri dari 20 petugas taman margasatwa. Mereka akan memindahkan dan memastikan keselamatan gajah 18 tahun itu di lokasi perlindungan.

Di sana, hidup Lakshmi akan jauh lebih baik. Ketimbang tinggal bersama pemiliknya-- yang sengaja menyembunyikan keberadaannya dari aparat di Muland, India, di mana mereka menggunakan hewan malang itu untuk mengemis di jalanan. Itu jelas perbuatan terlarang dan melanggar hukum.

Saat diselamatkan, Lakshmi dalam kondisi payah. Kesehatannya buruk, tak bisa bergerak bebas karena menderita banyak penyakit, dari obesitas, nyeri sendi parah, dan arthritis akut.

Kondisi itu yang membuat tim penyelamat dari Departemen Kehutanan Maharashtra mengerahkan truk dan crane untuk membawanya ke lokasi sejauh hampir 5 km dari kota.

Kemudian, Lakshmi akan dibawa ke Pusat Penyelamatan dan Perawatan Intensif Wildlife SOS di Mathura, Uttar Pradesh.

"Operasi penyelamatan dilakukan secara singkat saat Departemen Kehutanan mengetahui lokasi gajah itu disembunyikan pemiliknya," kata Yaduraj Khadpekar, dokter hewan dari Wildlife SOS, seperti dimuat Daily Mail, 16 September 2013. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.