Sukses

WOW: Beginikah Tampilan Pesawat Terbang Masa Depan?

Perancang Oscar Viñals mengajukan konsep pesawat terbang masa depan yang sarat teknologi tinggi namun ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Perancang Oscar Viñals mengajukan konsep pesawat terbang masa depan yang sarat teknologi tinggi namun ramah lingkungan.

Pesawat terbang tiga tingkat yang dinamai AWWA·QG “Progress Eagle” dirancang untuk mampu mengangkut 800 orang di dalamnya. Dengan demikian, daya tampung ini lebih besar daripada Airbus A-380, namun dengan pengurangan dampak buruk pada lingkungan.

Lekuk-lekuk tubuh pesawat itu sendri lebih mirip dengan pesawat tempur. Untuk memanjakan penumpang disediakan ‘pilot class’, yaitu kelas penumpang yang duduk bagian paling depan di pesawat itu selayaknya pilot.

Merujuk kepada Yanko Design, disebutkan bahwa, walaupun berukuran besar, pesawat itu memiliki emisi nol karena penerapan teknologi mekanika kuantum, sel bahan bakar superkonduktif dan sistem pembersih CO2.

Dalam tayangan video juga terlihat adanya panel surya pada sayap pesawat. Dari Business Insider disebutkan bahwa bahan untuk badan pesawat antara lain adalah serat karbon, graphene, keramik, aluminium, titanium, dan campuran logam bentukan lain sehingga pesawat itu menjadi lebih ringan.

Bentang sayapnya hingga 96 meter, lebih daripada sayap Airbus A-380 yang membentang hingga hampir 80 meter. Hebatnya, sayap pesawat terbang ini dapat dilipat ketika parkir di landasan. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini