Sukses

WOW: Sepeda Kayuh Tercepat di Dunia

Sebuah sepeda ciptaan baru disebutkan dapat mencapai kecepatan hingga 112 kilometer/jam.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah sepeda ciptaan baru disebutkan dapat mencapai kecepatan hingga 112 kilometer/jam. Sepeda roda tiga yang dinamai Raht Racer ini adalah sepeda yang menggunakan teknologi hibrida antara motor listrik dengan kayuhan kaki.

Pada saat dikayuh, gerakan kayuhan memperkuat daya gerak motor listriknya, sehingga sepeda ini dapat mencapai kecepatan selayaknya sebuah mobil. Motor listrik berukuran 20 kWh diletakkan di poros belakang.

Seperti dijelaskan di Daily Mail, berbeda dengan sepeda hibrid di masa lalu, kayuhan kaki manusia dalam alat ini digunakan untuk mengisi daya motor listriknya. Artinya, kayuhan itu bukan dipakai langsung untuk menggerakan roda sepeda.

Saat tidak bergerak, kayuhan kaki akan menimbulkan daya listrik yang disimpan dalam baterai 2 kWh berbahan Lithium Ion.

Menurut penciptanya, Rich Kronfield dari Minneapolis, sepeda seberat 259 kilogram itu lebih aman daripada sepeda biasa ataupun sepeda motor karena badannya terbuat dari serat karbon yang kuat dan dilengkapi dengan sarana keselamatan layaknya sebuah mobil, misalnya lampu depan, lampu belakang, sabuk keselamatan, dan kantung udara.

Uniknya, dana yang diperlukan untuk mendukung proyek itu didapatkan dengan kampanye Kickstarter yang menggalang dana dari khalayak yang tertarik untuk membantu. Rich Kronfield berharap dapat mengumpulkan dana hingga USD 35.000 (lebih dari 453 juta rupiah) supaya dapat terus mengembangkan karyanya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini