Sukses

Kumpulan Wajah Gembira Tuna Rungu Yang Pulih Pendengaran

Sebuah kumpulan video pemulihan pendengaran diunggah ke YouTube.

Liputan6.com, Jakarta- Sebuah kumpulan video pemulihan pendengaran diunggah ke YouTube. Kompilasi video kegembiraan para penderita tuna rungu ini berkaitan dengan keberhasilan proses tanam koklea (cochlear implant) dalam diri para pasien ini.

Sebetulnya sudah pernah ada sejumlah video yang diunggah tentang satu dan dua pasien gembira ini, namun kompilasi ini mengedepankan jangkauan jenis penerima teknik bedah ini.

Dari sejumlah sumber, termasuk Wikipeda, disebutkan bahwa kehilangan pendengarn dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain: genetika, usia, paparan pada kebisingan, penyakit, bahan kimia dan trauma jasmani.

Pengujian pendengaran dapat membantu penggolongan tingkat keparahan masalah ini. Biasanya, kehilangan pendengaran diderita seseorang bukan dari lahir. Uji pendengaran disarankan untuk dilakukan oleh setiap bayi yang baru lahir.

Secara global, kehilangan pendengaran berdampak pada 10% dari seluruh penduduk bumi dalam berbagai tingkatan. Bedah penanaman koklea ini sendiri mengundang sejumlah perdebatan di dunia tuna rungu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini