Sukses

Ironis! Keluarga Terpaksa Pindah Demi Terapi Autisme Anak

Satu keluarga di negara bagian North Dakota di Amerika Serikat terpaksa pindah ke negara bagian lain karena tidak ada dana suatu terapi.

Liputan6.com, Jakarta Satu keluarga di negara bagian North Dakota di Amerika Serikat terpaksa pindah ke negara bagian lain karena tidak ada dana suatu terapi untuk anaknya yang menderita autisme.

Dalam suatu klip video yang dipantau di situs web Autism Speaks, suatu lembaga advokasi autisme di Amerika Serikat, dikisahkan tentang suatu keluarga yang terpaksa pindah dari negara bagian North Dakota ke negara bagian Indiana.

Kepindahan ini dikarenakan terhentinya kewajiban asuransi untuk pertanggungan biaya terapi Applied Behavior Analysis (ABA) yang sangat diperlukan oleh seorang anak penderita autisme.

Selama ini, pemerintah negara bagian North Dakota mewajibkan asuransi kesehatan untuk menyediakan pendanaan sejumlah terapi yang diperlukan oleh anak-anak penderita autisme. Namun demikian, terjadi perubahan kebijakan yang menghentikan kewajiban tersebut.

Dalam video itu, sang ibu mengeluhkan biaya sebesar 2.400 dollar (setara dengan hampir 31 juta rupiah) setiap bulan yang diperlukan untuk terapi tersebut. Menurut sang suami, jumlah pengeluaran untuk terapi itu tidak bisa ditanggung dengan penghasilan keluarga mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.