Sukses

Seperti Apakah Sisi Gelap Bulan?

Sebuah klip video dari NASA menayangkan rekaman sisi permukaan bulan yang tidak terlihat dari bumi.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah klip video dari NASA menayangkan rekaman sisi permukaan bulan yang tidak terlihat dari bumi.

Kita sudah mengetahui bagaimana rupa permukaan bulan yang menghadap bumi, namun sisi lain permukaan bulan baru saja diketahui. Yang jelas, dari sisi belakang bulan, kita akan melihat planet Bumi yang berputar di kejauhan.

Dari video yang diunggah di www.space.com itu, disebutkan bahwa sisi gelap bulan memiliki lebih banyak kawah dibandingkan dengan permukaannya yang terlihat dari bumi. Jika kita berdiam diri di bulan, maka bumi dan benda-benda angkasa lainnya seakan bergerak mengelilingi bulan.

Sebelum memasuki abad angkasa, tidak ada manusia yang mengetahui seperti apakah permukaan bulan yang tidak menghadap bumi.

Namun demikian, sejak tahun 2009, Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA telah melakukan pemetaan yang lebih terinci tentang permukaan bulan sehingga kita dapat melihat bagian sisi belakang bulan yang selama ini tidak terlihat dari bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.