Sukses

Mengintip Proses Bedah Peluruhan Batu Ginjal

Seorang dokter bedah menayangkan klip video ketika melakukan operasi peluruhan batu ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter bedah menayangkan klip video ketika melakukan operasi peluruhan batu ginjal. Dokter Michael E. Lipkin, MD dari Duke University merekam pembedahan peluruhan batu ginjal (stone dusting) yang dilakukannya dengan menggunakan teknologi laser VersaPulse PowerSuite Holmium and Dual Wavelength.

Teknologi ini memungkinkan dokter menyusuri saluran kemih pasien hingga ke ginjal yang bermasalah untuk menentukan tempat keberadaan batu ginjal.

Mendekati sasaran, laser dengan frekuensi dan kekuatan tertentu, misalnya frekuensi 50 hertz pada tingkat energi 0,2 joule, ditembakkan ke batu ginjal yang akan dihancurkan.

Penembakkan laser dilakukan perlahan-lahan hingga batu ginjal tersebut meluruh menjadi serpihan-serpihan yang dapat dikeluarkan bersama dengan pengeluaran air seni tanpa melukai saluran-saluran pembuangan air seni pasien.

Saat itu, sang dokter menggunakan peralatan VersaPulse berdaya 100 watt. Saat itu, pembedahan dilakukan terhadap seorang pria berusia 50 tahun yang 6 minggu sebelumnya sempat dibawa ke Unit Gawat Darurat karena serangan batu ginjal berukuran kira-kira 3 milimeter.

Pada awalnya, ia hanya berobat jalan dengan obat-obatan, namun hal itu tidak terlalu membantu karena perpindahan batu ginjalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini