Sukses

Gempa 6,9 SR Guncang Jepang, Ada Peringatan Tsunami

Usai gempa 6,9 SR, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir Iwate.

Liputan6.com, Tokyo - Gempa bumi kembali mengguncang Jepang. Kali ini gempa berkekuatan 6,9 skala Richter menggetarkan Honshu di bagian utara Jepang pada pagi ini.

"Gempa terjadi pada pukul 06.06 pagi (waktu setempat). Titik pusat gempa terletak sekitar 220 kilometer sebelah timur Miyako dengan kedalaman 10 kilometer dari atas permukaan laut," demikian informasi Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) seperti dikutip Reuters pada Selasa (17/2/2015).

Sejauh ini Pusat Peringatan Tsunami Pasifik belum mengeluarkan ancaman tsunami pasca gempa tersebut. Kendati demikian, pihak Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir Iwate.

Japan Today mewartakan, pihak Meteorologi Jepang memperkirakan tsunami akan tiba pukul 08.30 waktu setempat dengan ketinggian 1 meter.

Jepang memang rentan terhadap gempa bumi. Sebab terletak di atas pertemuan 4 lempeng tektonik.

Pada 11 Maret 2011, gempa bumi berkekuatan 9 skala Richter mengguncang timur laut Jepang. Ketika itu gempa menimbulkan tsunami dan menewaskan lebih dari 15 ribu jiwa. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini