Sukses

WOW: Gedung Pencakar Langit Berpilin

Sebuah perusahaan menciptakan sejumlah bangunan pencakar langit yang dapat melakukan gerakan berpilin.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan menciptakan sejumlah bangunan pencakar langit yang dapat melakukan gerakan berpilin.

Di Dubai, suatu bangunan rancangan David Fisher dari Dynamic Architecture dirancang dengan lantai yang melakukan putaran 360 derajat secara perlahan sambil membangkitkan listrik.

Dari sejumlah sumber, disebutkan bahwa Dynamic Tower, dikenal juga sebagai Dynamic Architecture Building atau Da Vinci Tower, adalah pencakar langit setinggi 420 meter yang mencakup 80 lantai bergerak.

Serupa dengan Suite Vollard yang selesai dibangun pada 2001 di Brasil, tiap lantai bangunan ini dapat bergerak secara mandiri. Dengan demikian, bentuk bangunan dapat terus berganti.

Setiap lantai dapat berputar hingga 6 meter per menit, setara dengan satu putaran penuh dalam waktu 90 menit. Pencakar langit itu merupakan bangunan pencakar langit pra-cetak pertama di dunia.

Ada 40 modul untuk setiap lantainya. Hingga 90% bagian gedung itu dibuat di pabrik dan dikirimkan ke tempat pembangunan. Dengan cara ini, pembangunan seluruh bangunan ini hanya perlu waktu selama 22 bulan. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.