Sukses

Patung Kepala Hewan Berlapis Emas Dijual Rp 55 Miliar

Rangkaian patung yang disebut Circle of Animals/Zodiac Heads ini adalah 12 patung mewakili masing-masing hewan yang ada dalam shio China.

Liputan6.com, Beijing - Satu set berisi 12 patung kepala binatang berlapis emas karya seniman China Ai Weiwei telah terjual dengan harga fantastis di sebuah pelelangan di London. Yakni 2,8 juta poundsterling atau sekitar Rp 55 miliar.

"Rangkaian 12 kepala hewan ini melanjutkan tradisi Ai Weiwei dalam menginterpretasikan kembali obyek-obyek budaya sementara terus mempertanyakan persepsi mengenai keaslian dan nilai," kata rumah lelang Phillips dalam siaran persnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/2/2015).

Rangkaian patung yang disebut Circle of Animals/Zodiac Heads yang menampilkan 12 patung mewakili masing-masing hewan dalam shio atau zodiak China, mencatat rekor pelelangan baru untuk seniman China ini.

Ai sebelumnya sudah membuat beberapa versi patung hewan-hewan dalam shio, tapi ini merupakan yang pertama kalinya satu set lengkap dijual di pelelangan.

Rekor penjualan karya Ai sebelumnya mencapai US$ 1,2 juta (Rp 15 miliar) untuk Peta China. Pelelangannya dilakukan pada bulan April tahun lalu.

Patung hewan-hewan dalam shio ini diilhami oleh satu set patung yang lebih kecil yang membentuk sebuah jam air mancur abad ke-XVIII yang dulu berada di istana peristirahatan Kaisar Yuanming Yuan di Beijing.

Jam air mancur itu dirampok oleh pasukan Prancis dan Inggris pada tahun 1860. Ai membuat karyanya berdasarkan tujuh patung bad ke-XVIII yang masih ada, dan membayangkan lima lainnya dengan menggunakan gambar-gambar yang ada dalam permadani dan lukisan.

Karya-karya lain Ai Weiwei juga akan dipajang di Royal Academy of Arts in London September mendatang. (Tnt/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini