Sukses

Upacara Pemakaman Raja Abdullah di Saudi Arabia

Inilah cuplikan video pemakaman Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang meninggal pada 23 Januari 2015 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Inilah cuplikan video pemakaman Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud yang meninggal pada 23 Januari 2015 lalu. Dalam cuplikan video ini terlihat bahwa almarhum Raja Abdullah dimakamkan secara sederhana di suatu makam tak bertanda.

Raja Abdullah meninggal pada usia 90 tahun setelah menderita infeksi paru sejak tahun 2005.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa semasa hidupnya almarhum adalah Raja Saudi Arabia dan sekaligus menjadi Wali Masjid Suci dari 2005 hingga 2015.

Ia naik tahta pada 1 Agustus 2005 setelah wafatnya saudara tirinya, Raja Fahd. Sama seperti almarhum Raja Fahd, Raja Abdullah adalah salah satu dari sekian banyaknya putra Ibn Saud, sang pendiri Saudi Arabia.

Pada tahun 1961, Raja Abdullah menjadi walikota di Mekkah. Jabatan ini merupakan jabatan publiknya yang pertama. Tahun berikutnya, almarhum menjabat sebagai komandan Pengawal Nasional Saudi Arabia, yaitu jabatan yang diembannya bahkan hingga ia menjadi raja.

Ia juga pernah menjabat menjadi Wakil Menteri Pertahanan dan ditugaskan menjadi pangeran mahkota ketika Raja Fahd naik tahta di tahun 1982. Setelah Raja Fahd menderita stroke serius pada tahun 1995, ia menjadi penguasa de facto di Saudi Arabia sebelum akhirnya naik tahta setahun kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini