Sukses

Meteor Muncul Menerangi Langit Selandia Baru

Langit Selandia Baru terang benderang di malam pekan lalu. Ini bukan karena penerangan lampu ataupun api unggun.

Liputan6.com, Auckland- Langit Selandia Baru terang benderang di malam pekan lalu. Ini bukan karena penerangan lampu ataupun api unggun. Sebuah meteor yang melewati langit  Whangarei ke bagian selatan pulau.

Ketika meteor menembus lapisan atmosfer bumi, pergesekannya menyebabkan ledakan cahaya yang luar biasa terang hingga sempat menyelimuti seluruh kota Whangarei.

Dilansir melalui WeatherWatch.co.nz, Fletcher Hodge (33) dan Michael Mckee (30), yang melakukan perjalanan kembali dari Rotorua setelah berbelanja, melihat langit dan mendapatkannya berwarna biru dan cerah. Padahal situasi saat itu tengah malam.



Alan Charman, pengamat astronom di Auckland mengatakan kepada laman The Coast Australia bahwa ledakan meteor tersebut menyebabkan kilatan cahaya dan hanya di sebelah timur Auckland meteor melewati awan. Ada jejak asap panjang dan api cukup jelas. Hal itu berlangsung selama sekitar 1-2 detik. Beberapa menit kemudian, terdengar gemuruh rendah.

Dr Grant Christie, seorang astronomer lokal mengatakan kepada NZ Herald bahwa peristiwa serupa (meteor jatuh dengan cahaya yang terang benderang) pernah terjaDI PADA 7 Juli 1999 ketika sebuah meteor jatuh di sebelah selatan Taranaki. Meteor yang jatuh ini mengeluarkan ledakan hingga 300 ton TNT.

Diperkirakan sekitar 45 ribu meteor pernah terekam memasuki bumi sejak pengetahuan luar angkasa ditemukan. Dari jumlah tersebut, hanya 1.100 meteor yang benar-benar jatuh ke bumi. (Liz)

Photo / Aaron Dunnett

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.