Sukses

Inilah Lukisan Termahal di Dunia

Ternyata senyum terkenal Monalisa karya leonardo Da Vinci belum mampu mengalahkan harga lukisan karya pelukis Prancis, Paul Gauguin.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata senyum terkenal Monalisa karya leonardo Da Vinci ataupun Picasso belum mampu mengalahkan harga lukisan karya pelukis Prancis, Paul Gauguin.

Baru-baru ini, lukisan bergambar dua gadis Tahiti ini mencatatkan rekor sebagai lukisan termahal yang pernah terjual sepanjang masa. Lukisan bertajuk Nafea Faa Ipoipo, atau When Will You Marry Me? ini dibeli dengan harga US$ 300 juta atau setara dengan Rp 3,6 Triliun.

Pemilik lukisan ini sebelumnya adalah seorang kolektor asal Swiss bernama Rudolf Staechelin, yang merupakan seorang pensiunan eksekutif di Sotheby, balai lelang benda seni terkemuka di dunia.

Meski menolak menyebutkan nama pemilik baru lukisan ini, namun Staechelin mengatakan kepada ABC News, Senin (9/2/2015) bahwa pembelinya menggunakan nama Museum Qatar.

Lukisan ini menunjukkan dua perempuan muda di padang rumput bermandikan matahari di Tahiti, dengan pegunungan menjulang di cakrawala dan berlatar belakang pekerja yang sedang bekerja keras di lapangan. Salah satu dari wanita tersebut mengenakan busana asli tradisional Tahiti, sementara yang lain mengenakan busana gaya kolonial,- gaun bergaya misionaris yang melambangkan konvensi Eropa dan adat Polinesia.

Gauguin melukis Nafea Faa Ipoipo selama kunjungan pertamanya ke Tahiti pada tahun 1892, setelah pergi ke sana untuk melarikan diri dari 'segala sesuatu yang artifisial dan konvensional' di Eropa. Ia kembali ke Polinesia pada tahun 1895, dimana ia tmenetap hingga kematiannya karena overdosis morfin pada usia 54 di tahun 1903.

Nafea Faa Ipoipo telah tergantung di Basel Kunstmuseum selama lebih dari 60 tahun. Lukisan ini dikabarkan merupakan salah satu favorit Gauguin. Ia sering duduk di depan lukisannya ini seraya memandang gambar dua wanita tersebut.

French painter Paul Gauguin seated in front of one of his paintings

Sebelumnya, lukisan termahal mencatat rekor penjualan pada tahun 2011, yakni sebesar US$ 259 juta atau sekitar Rp 2,8 Triliun. Karya seni tersebut bertajuk The Players Card yang dilukis oleh Cezanne. (Liz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini