Sukses

Hiu Bermuka Lucu yang Hebohkan Dunia

Hiu lucu nan langka ini terdampar di pantai Filipina

Liputan6.com, Jakarta Laut yang begitu luas dan dalam, merupakan rumah bagi berbagai jenis hewan laut. Hampir setiap hari ilmuwan mendapatkan spesies-spesies yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Seperti hiu satu ini.

Mungkin Anda sudah mendengar berita tentang hiu yang terdampar di pantai Filipina.

Seperti dilansir oleh Buzzfeed, Rabu (4/2/20150), orang-orang di media sosial menganggap hewan itu mengerikan, walau sebetulnya cukup lucu. Hiu ini bahkan mendapatkan julukan "Toothless", sesuai dengan nama naga fiktif di film animasi "How to Train your Dragon".

 

Mirip tidak?

Hewan yang disebut "megamouth shark" atau "Hiu Mulut Raksasa" ini panjangnya kurang lebih 15 feet (sekitar 4,5 meter) dan mempunyai bobot satu ton. Hiu ini hidup dengan memakan plankton-plankton yang digiring menggunakan rahangnya yang bercahaya dalam gelap. Saking langka dan unik bentuknya, hewan ini diklasifikasi dalam kelompok cryptid oleh para ilmuwan.

Di Filipina, sudah ditemukan 15 ekor Hiu Mulut Raksasa, jumlah kedua terbanyak setelah Jepang. Si Toothless adalah megamouth ke-66 yang pernah ditemukan.


Akhirnya, Toothless si mulut raksasa dibawa ke Philippines’ Bureau of Fisheries and Aquatic Resources (BFAR) untuk diperiksa dan dilestarikan. (Indy Keningar/Igw)

Foto: buzzfeed.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini