Sukses

Angkat Ulat, Semut 'Perkasa' di Indonesia Disorot Dunia

Semut di tanah air itu disebut sebagai serangga 'Arnold Schwarzenegger' untuk menggambarkan betapa kuatnya hewan tersebut.

Liputan6.com, Sambas - Semut ini bukan sembarang semut. Tapi semut perkasa. Saking perkasanya, ulat keket yang ukurannya lebih besar puluhan kali lipat pun, bisa diangkat oleh semut jenis rangrang tersebut.

Fenomena yang terjadi di Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia berhasil diabadikan oleh seseorang bernama Frenki Jung. Dari fotonya itu, semut rangrang 'perkasa' tersebut jadi sorotan sejumlah media asing, termasuk Daily Mail.

Bahkan media lainnya, Metro menyebut semut di tanah air itu sebagai serangga 'Arnold Schwarzenegger' untuk menggambarkan betapa kuatnya hewan tersebut.

Dijelaskan bahwa awalnya semut itu tengah menjalankan misinya untuk membuat sebuah rumah bersama teman semut lainnya. Namun dalam perjalanan di sebuah batang tumbuhan, ada seekor ulat yang menghambat.



Si semut rangrang perkasa langsung menyerang dan menggigit ulat keket tersebut hingga tak berdaya. Selanjutnya, si semut mengangkat ulat menggunakan rahangnya.

"Ini sangat menakjubkan, saya sangat kagum dengan semut itu," ujar Frenki Jung, yang berhasil memotret fenomena langka itu di belakang halaman rumahnya di Sambas, sepeti dimuat

Semut rangrang banyak ditemukan di negara-negara kawasan Asia dan Australia. Koloninya mencapai sekitar setengah juta semut. Semut jenis ini terkenal sebagai pembunuh serangga jenis lainnya. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini