Sukses

Nelayan Australia Tangkap Hewan Aneh, Hiu Bergigi 300

Bentuknya hiu itu tak biasa. Hewan itu punya 300 gigi, tubuh dan wajahnya pun menyerupai penampakan belut.

Liputan6.com, Victoria - Nelayan di Victoria, Australia mendapatkan tangkapan aneh: sekor hiu yang dikenal sebagai 'fosil hidup'. Bentuknya pun tak biasa, hewan itu punya 300 gigi, tubuh dan wajahnya pun menyerupai penampakan belut.

Para nelayan yang ada di sebuah kapal trawl di perairan dekat Lakes Entrance di wilayah Gippsland terkejut bukan kepalang saat mendapati hiu sepanjang 2 meter. Seingat warga di sana, tak pernah ada makhluk seperti itu yang ditangkap sebelumnya.

"Nelayan di sini tak pernah melihatnya, apalagi menangkapnya," kata Simon Boag, dari asosiasi nelayan trawl, South East Trawl Fishing Association seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au. "Seperti makhluk purba."



Boag menambahkan, hiu tersebut bukan tipe hewan yang biasa ditunjukkan pada anak-anak sebelum mereka tidur. "Bentuknya mengerikan. Ada 300 gigi dalam 25 baris di mulutnya."

Lembaga ilmu pengetahuan, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) mengonfirmasi bahwa makhluk tersebut adalah  frilled shark atau hiu berjumbai (Chlamydoselachus anguineus) -- spesies yang nenek moyangnya berasal dari 80 juta tahun lalu.

Hewan aneh tersebut biasanya berada di laut dalam, 1.500 meter di bawah air. Namun, frilled shark di Victoria ditangkap di kedalaman 700 meter. 



Penelusuran Liputan6.com, hiu berjumbai (Chlamydoselachus anguineus) seringkali beredar di Samudera Atlantik dan Pasifik di kedalaman 500 meter sampai 1.500 meter.

Sesuai dengan namanya, hiu berjumbai, hewan itu memiliki jumbai yang melekat pada ingsangnya. Jumlahnya ada 6 pasang.

Badan ikan ini berwarna cokelat, panjangnya sekitar dua meter, dan bentuknya mirip seperti belut. Hiu ini memangsa cumi-cumi, ikan bertulang, dan hiu yang bertubuh yang lebih kecil darinya. (Ein/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.