Sukses

Uniknya si Tikus 'Berbelalai'

Hewan mungil 'berbelalai' itu ditemukan di sekitar gurun Afrika.

Liputan6.com, Namibia - Ditemukan makhluk mamalia seperti tikus, namun memiliki hidung panjang seperti belalai. Hewan mungil itu ditemukan di sekitar gurun Afrika.

Hewan itu adalah Micas macroskeledies. Spesies baru makhluk yang dikenal dengan tikus gajah. Mamalia yang satu ini dicirikan memiliki ekor panjang dan tubuh berbulu serta batang hidung panjang seperti belalai gajah.

"Mereka sebenarnya lebih mirip dengan gajah daripada tikus. Perpaduan antara antelop dan trenggiling mini," ujar Dr Galen Rathbun dari California Academy of Sciences seperti diberitakan The Sky dan dimuat Liputan6.com.

Dalam tayangan video dari Sky News, si hewan unik itu juga digambarkan berkaki kecil seperti tikus namun berkuku. Gerakannya pun lincah dan gesit.

Dr Rathbun mengaku, dirinya pertama kali melihat hewan itu ketika sedang berjalan melalui gurun di Namibia.

Makhluk itu, sambung Dumbacher, memakan rayap dan serangga seperti trenggiling. Yang tak biasa dari makhluk itu adalah sifatnya yang monogami. Spesies yang satu ini, papar Dumbacher, biasanya melahirkan anak kembar dua atau tiga, yang tertutup bulu dan langsung bisa berlari. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini