Sukses

Kini Ada Kamus Khusus Bahasa Kera

Dalam waktu dekat, manusia akan dapat berkomunikasi dengan kera. Para peneliti hewan ini baru saja menyusun sebuah kamus bahasa kera.

Liputan6.com, Jakarta- Dalam waktu dekat, manusia akan dapat berkomunikasi dengan kera. Studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology tahun lalu mengemukakan bahwa para peneliti hewan ini baru saja menyusun sebuah kamus bahasa kera.

Dengan kamus tersebut, manusia dapat mengartikan apa yang dikatakan kera satu sama lain. Kera dan simpanse menggunakan tangan mereka untuk mengatakan "ikuti saya," "hentikan itu" atau "ambil ini." Penelitian tersebut berusaha menerjemahkan pesan canggih yang mengalir bolak-balik itu.



Para peneliti dalam studi itu mengemukakan bahwa sekitar 66 gerakan simpanse tersebut telah diterjemahkan dan dapat digunakan secara terpisah atau beberapa dapat dirangkai untuk menciptakan komunikasi yang lebih kompleks. Sementara itu, diperkirakan ada lebih dari 4.500 gerakan dalam lebih dari 3.400 interaksi, yang semua terekam dalam film antara tahun 2007 dan 2009.


Para peneliti mengatakan pengamatan mereka itu mengungkapkan hubungan jelas antara beberapa gerakan dan hasil - seperti pesan menggoda dan mengunyah makanan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kerabat terdekat manusia secara genetik ini menggunakan gerak tubuh untuk berkomunikasi, mendorong pertanyaan apakah sistem komunikasi bersama keturunan dengan asal-usul bahasa manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini