Sukses

Boko Haram Bakar dan Serang Kota Baga, Jenazah Bergelimpangan

Setelah menyerbu markas militer di sana pada Sabtu 3 Januari pekan lalu. Kini militan Boko Haram menyerbu Kota Baga.

Liputan6.com, Baga - Kelompok Boko Haram menyerang Kota Baga hari Rabu 7 Januari. Setelah menyerbu markas militer di sana pada Sabtu 3 Januari pekan lalu.

"Hampir semua wilayah kota itu dibakar dan milisi sekarang menjarah daerah sekitarnya," ungkap pejabat setempat dikutip dari BBC, Jumat (8/1/2015).

Sejumlah jenazah bergelimpangan di jalan-jalan kota penting Nigeria timur laut setelah kelompok militan Islamis melakukan penyerangan, tambah pejabat tersebut.

Boko Haram meluncurkan operasi militer pada tahun 2009 untuk mendirikan negara Islam. Kelompok ini menguasai sejumlah kota dan desa di Nigeria timur laut tahun lalu.

Konflik di Nigeria menyebabkan paling tidak 1,5 juta orang mengungsi, sementara lebih 2.000 orang tewas tahun lalu.

Anggota DPR Nigeria, Maina Maaji mengatakan Boko Haram menguasai 70% negara bagian Borno, daerah yang paling terkena dampak negatif konflik.

Musa Alhaji Bukar, seorang pejabat tinggi pemerintah di daerah tersebut menuturkan, penduduk yang melarikan diri mengatakan Baga sekarang 'bisa dikatakan tidak ada lagi'. Sebab daerah tersebut telah porak poranda oleh militan.

"Aku melarikan diri dengan keluargaku dengan mobil, setelah melihat bagaimana Boko Haram membunuh orang-orang di sana ... Aku melihat mayat di jalanan. Anak-anak dan perempuan menangis minta tolong," kata Mohamed Bukar dikutip dari Reuters, setelah melarikan diri ke ibukota negara Maiduguri. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini