Sukses

Pertama Kalinya, Seorang Trangender Jadi Walikota India

Madhu yang dulu seorang pria bernama Naresh Chauhan itu merupakan pemimpin yang lahir dari rakyat biasa.

Liputan6.com, Raigarh - Untuk yang pertama kalinya terjadi di India, seorang trangender terpilih sebagai walikota. Adalah seorang wanita transgender bernama Madhu Kinnar. Dia menang pemilihan kepala daerah untuk Distrik Raigarh, Chhattisgarh.

Madhu Kinnar yang kini berusia 35 tahun berhasil meraih 4.537 suara, mengalahkan pesaing kuatnya, yakni Mahaveer Guruji dari partai berkuasa Bharatiya Janata Party (BJP).

"Orang-orang mempercayakan amanah ini kepadaku. Ini merupakan bukti cinta mereka kepadaku. Aku akan lakukan yang terbaik mewujudkan keinginan warga kota ini, ujar Madhu, seperti Liputan6.com kutip dari New Delhi Television Limited (NDTV), Rabu (7/1/2015).

Madhu yang dulu seorang pria bernama Naresh Chauhan itu merupakan pemimpin yang lahir dari rakyat biasa. Sehari-harinya, ia bekerja sebagai pengamen di kereta. Kini ia sukses menjadi walikota.

"Aku hanya menghabiskan sekitar 60-70 ribu rupee (sekitar Rp 12-14 juta) dari tabungan saya. Kemenangan ini berkat dukungan publik yang mendorong saya untuk maju," ungkap dia.

Ketua Dewan Distrik Raigarh Narendra Negi menilai kekalahan Mahaveer Guruji lantaran warga sudah muak dengan elite partai BJP yang kerap korupsi, merampas uang dan hak rakyat.

"Menurutku ini bukan kemenangan Madhu, tapi merupakan kekalahan BJP," ujar Narendra.

Sementara itu, pihak BJP mengatakan pihaknya menerima mandat rakyat tersebut, kendati akan meninjau kembali kemenangan Madhu dan mengevaluasi kekuatan di tubuh partainya. "Kami menerima hasil. Kami akan memeriksa ini," ungkap Ketua Dewan Distrik Partai Raigarh India Rajesh Sharma. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.