Sukses

Langka! Lumba-lumba Sungai

Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature), hanya ada 4 spesies lumba-lumba sungai yang diketahui.

Liputan6.com, Brasilia - Baru-baru ini, para ilmuwan di Brasil menemukan spesies baru lumba-lumba. Di sungai. Ini temuan pertama sejak Perang Dunia I, pada 1918. 

Dinamakan sesuai sungai tempatnya ditemukan, Araguaia, spesies tersebut adalah yang kelima yang dikenal dari jenisnya di dunia. Temuan tersebut dibahas dalam jurnal sains, Plos One.

Lumba-lumba sungai adalah salah satu mahkhluk paling langka di dunia. Menurut IUCN  (International Union for Conservation of Nature), hanya ada 4 spesies lumba-lumba sungai yang diketahui. Semua masuk 'daftar merah' alias langka.

Lumba-lumba Araguaia hanya punya sedikit keterkaitan dengan sepupu jauh mereka yang hidup di laut. Perbedaan mencoloknya adalah, mereka punya paruh panjang yang digunakan untuk berburu ikan di lumpur dasar sungai.

Sementara, salah satu spesies paling dikenal adalah lumba-lumba Sungai Yangtze yang diyakini telah punah sekitar tahun 2006. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini