Sukses

Roket Terbesar India Sukses Meluncur ke Antariksa

Roket bernama 'Geosynchronous Satellite Launch Vehicle MK III' itu meluncur dari Sriharikota.

Liputan6.com, New Delhi - India telah berhasil meluncurkan roket terbesarnya dan sebuah kapsul tak berawak yang dapat mengirim astronot ke antariksa.

"Roket bernama 'Geosynchronous Satellite Launch Vehicle MK III' itu meluncur dari Sriharikota, di negara bagian Andhra Pradesh, Kamis pagi waktu setempat," demikian diberitakan VOA News yang dikutip Kamis (18/12/2014).

Roket baru itu disebut-sebut akan mampu mengangkut satelit lebih berat ke antariksa.

India telah berhasil meluncurkan satelit-satelit lebih ringan dalam tahun-tahun belakangan ini. Tetapi menghadapi masalah dalam mengirimkan beban yang lebih berat.

September lalu, pesawat orbit India 'Mars Orbiter Mission' memasuki orbit planet merah itu, menjadikannya negara Asia pertama yang meraih Mars dalam percobaan pertama.

Misi tersebut dipuji karena kehematan anggarannya, yang hanya menghabiskan sekitar US$ 74 juta atau sekitar Rp 930 miliar. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini