Sukses

WOW: Ikan Ini Berkepala Transpara

Ikan unik ini memiliki alat penciuman atau lubang hidung tepat di atas mulut yang mirip seperti mata.

Liputan6.com, Atlantik - Ikan unik ini memiliki alat penciuman atau lubang hidung tepat di atas mulut yang mirip seperti mata. Percaya atau tidak, benda hijau berbentuk tabung yang berada di dalam kepala ikan merupakan alat penglihatan atau mata dari makhluk ini.

The beady bits on the front of the Pacific barreleye fish in this picture released February 23, 2009, aren't eyes but smell organs.

The barreleye lives more than 2,000 feet (600 meters) beneath the ocean's surface, where the water is almost inky.

"Macropinna microstoma atau sering dikenal dengan nama Barreleye, hidup di perairan yang dalam dan beriklim tropis di daerah Atlantik, Pasifik dan Laut Hindia," dikutip dari National Geographic.

Ahli biologi laut percaya bahwa alat penglihatan mereka terletak di dalam kepala, yang membuat mereka hanya mampu melihat ke atas. Hal ini berarti akan membuat ikan ini sulit untuk melihat ke depan, dan dengan bentuk mulutnya yang kecil dan runcing akan menyulitkan mereka untuk menangkap mangsa.

Penelitian yang dilakukan oleh Monterrey Bay Research Institute, Bruce Robinson dan Kim Resenbichler, telah mengeluarkan laporan penelitiannya di tahun 2009 yang menjelaskan bahwa mata ikan pada tempurung transparan ini dapat berputar.

Ikan ini telah diketahui sejak tahun 1939, akan tetapi belum diamati secara mendalam. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.