Sukses

Meksiko Sahkan UU Pelarangan Penggunaan Binatang di Sirkus

Sebelum disahkan kongres Meksiko, negara bagian Mexico City telah meluluskan peraturan serupa. Namun baru akan diterapkan 2015.

Liputan6.com, Mexico City - Otoritas Meksiko melakukan terobosan besar. Kongres negara Amerika Tengah ini resmi mengesahkan Undang-Undang (UU) yang melarang digunakannya binatang dalam pertunjukan sirkus.

Sebelum disahkan kongres, Negara Bagian Mexico City melalui peraturan daerahnya, sudah meluluskan UU serupa. Tetapi, UU pelarangan penggunaan binatang itu, baru mulai diberlakukan pada 2015.

Tidak cuma di ibukota, langkah yang sama juga dilakukan beberapa Negara Bagian lain. Bahkan dari keterangan Otoritas Pusat, ada enam wilayah yang mengesahkan UU ini.

Proses legalisasi UU sendiri sebenarnya tidak berjalan dalam proses yang cepat. Harus dilakukan pemungutan suara demi menuntukan seberapa banyak anggota kongres yang setuju dan tidak.

Setelah pemungutan suara digelar, hasilnya pun sangat menggembirakan bagi sejumlah akitivis fauna. Mayoritas anggota Kongres setuju untuk meluluskan rancangan undang-undang tersebut menjadi UU yang sah.

"267 Anggota kongres setuju dan 66 tidak, ini dapat diartikan kongres resmi menyetujui UU yang ditujukkan untuk memerangi penganiyaan terhadap hewan," sebut pernyataan resmi kongres Meksiko, seperti dikutip dari ABC News, Jumat (13/12/2014).

Meski sudah disahkan, UU masih harus menunggu tanda tangan dari Presiden Enrique Pena Nieto. Sampai saat ini Nieto belum buka suara kapan dia akan membubuhkan tanda tangannya.

Namun, proses tersebut dipercaya tidak memakan waktu lama. Sebab, Partai pengusung Nieto berserta koalisinya secara resmi telah membawa draf UU ini ke meja Orang Nomor satu di Meksiko itu.

Dengan disahkannya UU ini, maka para pemerintah berhak menjatuhkan denda bagi pengusaha sirkus yang menggunakan hewan dalam pertunjukanya. Otoritas Meksiko juga dipastikan akan memulai menarik semua binatang yang digunakan dalam sirkus.

Setelah ditarik, seluruh satwa liar terlebih dahulu dikarantina. Lalu, pemerintah akan memberikan hewan-hewan ini kepada kebun binatang di seluruh Meksiko. (Ger/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.