Sukses

Kabin Berasap, Pesawat Qantas Mendarat Darurat di Australia

Pendaratan darurat pesawat Qantas di Australia ini merupakan yang kali kedua pada hari ini.

Liputan6.com, Perth - Pesawat maskapai Qantas dengan nomor penerbangan QF215 terpaksa mendarat darurat di Perth, Australia lantaran kabin berasap. Kapal terbang yang ditempati 215 orang tersebut tiba di daratan dengan selamat.

Seperti dimuat News.com.au, kepulan asap di kabin pesawat yang terbang dengan jurusan Perth to Karratha, Australia Barat itu mulai terjadi pada Senin (8/12/2014), pukul 14.35 waktu setempat.

Burung besi dengan nomor penerbangan QF904 itu kemudian mendarat darurat di Bandara Perth, pada sekitar pukul 15.00 waktu setempat, dengan selamat.

"Penerbangan mendarat dengan selamat, kami akan melakukan pemeriksaan untuk mencari sumber asap," ujar juru bicara Qantas, seperti dikutip dari Dailymail.

Tim medis dan aparat kepolisian langsung menjemput para penumpang di pesawat yang baru mendarat tersebut. Sejumlah penumpang dilaporkan harus menjalani perawatan akibat kepulan asap.

Pendaratan darurat pesawat Qantas petang ini merupakan yang kali kedua. Yang pertama terjadi pada Senin pagi tadi, pesawat Qantas dengan nomor penerbangan QF2 mendarat darurat di Bandara Perth. Pesawat yang terbang dari Dubai ke Sydney tersebut mendarat darurat karena ada gangguan pada sistem pendingin udara.

Kapten pesawat itu segera meminta pendaratan prioritas di Bandara Perth dan menurunkan pesawatnya dari 12.000 meter ke 2.700 meter, untuk membantu menstabilkan tekanan udara di dalam kabin pesawat.

Setelah berputar di lepas pantai Australia untuk membuang bahan bakar dan mencapai ketinggian yang aman untuk mendarat, pesawat tersebut dengan selamat mendarat di Perth, 90 menit setelah melaporkan masalah yang dihadapi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini