Sukses

Socotra, Pulau Menawan Rumah Tanaman Unik

Di pulau ini, ada tanaman unik berbentuk seperti botol dan berbunga mawar.

Liputan6.com, Sanaa - Terletak di Samudera Hindia, sekitar 250 km dari Somalia dan 340 km dari Yaman. Itulah lokasi di mana pulau menawan bernama Socotra berada.

Pulau ini memiliki pantai yang luas, gua batu kapur dan pegunungan tinggi. Lingkungannya sebagian besar sangat panas dan kering.

Pulau Socotra terpisah dari daratan Afrika, antara enam dan tujuh juta tahun silam.

The distinctive dragon's blood tree (Dracaena cinnabari) with its dense umbrella-shaped canopy

Pulau ini memiliki gurun dan semi gurun iklim tropis dengan suhu rata-rata 25 derajat Celcius, hampir tidak ada hujan.

Di pulau ini, ada tanaman unik berbentuk seperti botol dan berbunga mawar. Orang-orang menyebut lokasi tumbuhnya flora ini sebagai gurun mawar.

The island has a tropical desert and semi-desert climate.

A pretty desert rose is pictured

Pulau Socotra ini merupakan bagian dari Republik Yaman. Beberapa orang mengklaim nama pulau itu berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti Pulau Bahagia.

Sementara yang lainnya mengartikan dari bahasa Arab 'sug' yang berarti pasar, dan 'gotra' yang diterjemahkan sebagai minyak kemenyan.

Pulau yang disebut sebagai 'tempat paling asing di bumi' ini dihuni sekitar 40.000 penduduk. Rumah bagi beberapa tanaman paling langka di dunia.

Gurun dan pohon di Socotra tumbuh dalam berbagai bentuk dan ukuran yang aneh.

The island has three distinct geographical terrains

Pulau ini memiliki tiga medan yang berbeda geografisnya -- dataran pantai sempit, sebuah dataran tinggi batu kapur, dan pegunungan yang tingginya mencapai 1.500 meter. (Sha/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini